Rabu, 30 November 2016

KAYU MANIS HARUM DAN BERKHASIAT



Rempah yang berasal dari kulit pohon kayu manis ini sering digunakan sebagai penyedap berbagai makanan dan minuman. Mulai dari kolak, setup, roti, kue kering sampain kopi. Aromanya sangat khas dan dapat menambha cita rasa pada hidangan. Hebatnya lagi, kayu manis berkhasiat menurunkan panas. Kayu manis di Indonesia yang mempunyai nama latin Cinnamomum zeylanicum merupakan tanaman pohon yang tingginya mencapai 9-17 meter. Tanaman ini tumbuh dengan baik di daerah tropis, tepatnya ditanah berpasir putih, pada ketinggian 700-2000 meter dari permukaan laut. Kayu manis yang digunakan sebagai pengharum dan penambah roma pada masakan diambil dari kulit tanaman tersebut. Kulit itu dikupas dan permukaan luarnya dikeruk sampai bersih, lalu dijemur. Kulit kayu manis ini akan menggulung dengan sendirinya setelah kering.
Sebenarnya kayu manis adalah tanaman asli Indonesia. Awalnya tanaman ini tumbuh di Sumatera Barat, tepatnya di daerah sekitar Padang. Waktu itu rempah ini dikenal dengan nama Padang Cinnamon. Hanya saja, tanaman ini tidak begitu popular karena jarang digunakan. Barulah ketika saudagar Arab, yang juga menjual kayu manis di India Selatan dan Srilangka, datang ke Sumatera Barat dan mengenalkan cara memanfaatkan kayu manis didalam makanan, masyarakat mulai sering menggunakannya sebagai penyedap. Masakan rendang dan karipun mulai diberi variasi rasa dengan menambahkan kayu manis di dalamnya.
Ada banyak ragam kayu manis. Tanaman kayu manis yang ada di Indonesia sama bentuk dan jenisnya dengan kayu manis di Srilangka. Hanya saja kayu manis Srilangka lebih tipis, yaitu 1 mm dan warnanya pun lebih pucat. Lain lagi dengan kayu manis dari Cina dan Vietnam. Kayu manis dari Cina dan Vietnam dijual dalam bentuk lempengan tak beraturan. Proses pembuatannya sedikit berbeda dengan di Indonesia. Setelah dikelupas dari batang, kulit luarnya tidak dibersihkan, sehingga setelah dikeringkan bentuknya tidak menggulung. Bedanya lagi, aroma kayu manis Cina dan Vietnam lebih tajam dan rasanya agak pahit.
Khasiat kayu manis selain sebagai penyedap hidangan kayu manis juga dapat dimanfaatkan sebagai aroma therapy. Dipasaran, biasanya aroma therapy kayu manis dijual dalam bentuk minyak atau dupa dan berkhasiat memberi ketenangan, menghilangkan capek dan sakit kepala. Kulit kayu manis yang direbus dengan air gula akan menghasilkan minuman hangat kaya khasiat, antara lain dapat menurunkan panas dan menghilakangkan flu.
Pada dasarnya kayu manis termasuk tanaman potensial karena dapat digunakan mulai dari daun hingga akarnya. Daun kayu manis mengandung eugenol yang sering digunakan sebagai minyak wangi. Biji kayu manis mengandung lemak untuk pembuatan lilin, sedangkan akarnya dapat digunakan untuk pembuatan minyak asiri.
Hasil olahan kayu manis juga dapat dicampur sebagai bahan pembuatan kolak, setup,  kari, cake, roti, kue kering, pudding, sup dan sebagainya. Ingin kopi bertambah harum dan lezat, taburi saja dengan bubuk kayu manis atau celupkan kulit kayu manis ke dalamnya pasti nikmat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar