Selasa, 22 November 2016

PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMPUTER DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING



Salah satu layanan bimbingan dan konseling dengan menggunakan teknologi computer khususnya internet adalah E-counseling. Konseling melalui e-mail sering disebut juga dengan e-mail theraphy, online theraphy, cy-bercounseling atau e-counseling. E-mail counseling merupakan proses terapeutik yang didalamnya termasuk menulis selain pertemuan secara langsung dengan konselor.
E-counseling merupakan salah satu cara yang efektif dan efisien dalam proses konseling jarak jauh yang dilakukan antar konselor dan klien untuk membantu masalah-masalah yang berkaitan dengan perkembangan kepribadian dan kehidupan klien melalui surat atau tulisan pada internet.
E-counseling memerlukan waktu dalam menulis kepada konselor mengenai jenis bantuan apa yang diinginkan klien. Klien dapat mengirimkan inisial e-mail dengan keterangan pada suatu situasi yang dirasakan klien. Mengirimkan atau menulis e-mail kepada konselor merupakan proses terapeutik karena klien tidak bertemu langsung dengan konselor. Kekuatan e-counseling terletak pada menulis. Respon atau bantuan yang diberikan konselor bergantung kepada informasi yang diberikan. Klien tidak perlu mengirimkan seluruh kisah hidupnya, cukup dengan memilih informasi yang dirasakan pada satu situasi yang merupakan masalah.

Sumber: Juntika Nurihsan, Achmad. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar