Senin, 26 Desember 2016

ARTI PENDIDIKAN



Pendidikan mempunyai makna sama dengan istilah “Paedagogiek” sedangkan pendidikan sama dengan istilah “Paedagogie” sekarang apa perbedaannya?
1.     Ilmu pendidikan (Paedagogiek): Ilmu pendidikan lebih menitik beratkan kepada pemikiran permenungan tentang pendidikan. Pemikiran bagaimana sebaliknya sistem pendidikan, tujuan pendidikan, materi pendidika, sarana dan prasarana pendidikan, cara penilaian, cara penerimaan siswa, guru yang seperti apa jadi disini lebih menitik beratkan teori.
2.    Pendidikan (Paedagogie): Hal ini lebih menekankan dalam hal praktek yaitu menyangkut kegiatan belajar mengajar. Akan tetapi keduanya ini tidak dapat dipisahkan secara jelas keduanya harus dilaksanakan secara berdampingan saling memperkuat peningkatan mutu dan tujuan pendidikan.
Menurut saya pandangan penulis dalam hal pendidikan pada hakekatnya suatu kegiatan yang secara sadar dan disengaja serta penuh tanggung jawab yang dilakukan oleh orang dewasa kepada anak sehingga timbul interaksi dari keduanya agar anak tersebut mencapai kedewasaan yang dicita-citakan dan berlangsung terus-menerus.
Dari segi etimologis pendidikan berasal dari bahasa Yunani “Paeddagogieke” kata majemuk yang terdiri dari kata “PAES” yang berarti “Anak” dan kata “Ago” yang berarti “Aku membimbing”. Jika kata ini diartikan secara simbolis maka perbuatan mendidik yang tugasnya hanya untuk membimbing saja dan kemudian pada suatu saat harus melepaskan anak itu kembali (ke dalam masyarakat). Dari segi esensial pendidikan adalah pengaruh bantuan atau tuntutan yang diberikan oleh orang yang bertanggung jawab kepada anak didik pendidikan masih mempunyai tugas lain yaitu menyerahkan kebudayaan kepada generasi muda. Manusia muda, manusia yang masih dalam taraf potensial manusia yang belum sampai pada taraf “maksimal” maka dari itu mengapa pendidikan atau mendidik itu disebut suatu perbuatan fundamental. Sebabnya, karena mendidik itu adalah memanusiakan manusia muda, mendidik itu adalah proses horminisasi dan humanisasi yaitu perbuatan yang menyebabkan manusia menjadi manusia. Proses hominisasi artinya penjadian manusia yatu manusia dari taraf potensial ketaraf “maksimal” sedangkan proses hominisasi menunjukkan perkembangan yang lebih tinggi. Humanisasi berarti perkembangan kebudayaan yang lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar