Rabu, 21 Desember 2016

CARA PUASA BAGI PENDERITA MAAG



Bulan Ramadhan mempunyai arti tersendiri bagi orang muslim karena di bulan ini orang muslim menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Meski demikian terkadang diantara umat muslim ada yang tidak bisa menjalankan rukun islam yang ketiga tersebut dengan sebulan penuh karena sakit maag. Nah bagaimana cara berpuasa bagi penderita maag 6 hal yang harus diketahui bagi penderita penyakit maag untuk menjalankan puasa Ramadhan itu dengan baik antara lain:
1.     KETAHUI JENIS MAAG
Seorang penderita maag yang ingin menjalankan ibadah puasa Ramadhan sebaiknya mengetahui terlebih dahulu jenis maag yang dideritanya, dengan harapan tidak membahayakan dirinya jika berpuasa. Penyakit maag dibagi menjadi dua yaitu kronis dan akut, maag kronis dibagi lagi menjadi kronis ringan, sedang dan berat. Penderita penyakit maag yang diperbolehkan puasa ialah mereka yang menderita maag kronis ringan, kronis sedang dan maag akut. Bagi yang menderita kronis berat disarankan untuk menunda dulu puasanya untuk menunggu sampai keadaan maag yang dideritanya bisa diatasi dengan baik.
2.    MENJAGA KETENANGAN JIWA
Selama menjalankan puasa penderita maag harus bisa menjaga ketenangan jiwanya, sebab ketenangan jiwa menyebabkan perubahan sistem hormonal pada seseorang. Perubahan sistem hormonal ini mampu menekan keluarnya asam lambung secara berlebihan sehingga menekan timbulnya serangan maag. Ketenangan jiwa ini juga menyebabkan sistem peredaran darah dilambung menjadi lancer sehingga kerja lambung menjadi lebih baik. Jika kerja lambung baik, maka gangguan pada lambung maag misalnya tidak akan terjadi.
3.    SAAT BERBUKA PUASA
Bagi penderita maag ketika berbuka puasa pertama kali minumlah air teh hangat disusul kemudian makanan ringan pertama minum jangan sekali-kali minum air es atau air kopi sebab kedua minuman tersebut sangat merangsang untuk keluarnya asam lambung. Jangan juga untuk meminum minuman yang mengandung santan sebab akan memperberat kerja lambung, setelah sholat magrib dilanjutkan dengan makan besar, misalnya makan nasi dan jangan terlalu kenyang-kenyang.  
4.    SAAT SAHUUR
Ketika hendak sahur hindari minum-minuman yang mengandung lemak hal ini juga untuk mengurangi baban kerja lambung. Ketika sahur perbanyaklah makan-makanan yang banyak mengandung kalori misalnya telur, ikan, daging. Dengan makan-makanan yang banyak mengandung kalori menjadikan tidak mudah lapar keesokan paginya.
5.    HINDARI PANTANGAN
Penderita maag selama buka puasa atau saat sahur harus menghindari berbagai makanan dan minuman pantangan seperti pedas-pedas, asam, ketan, Kacang-kacangan, mie, sayur kangkung, daun singkong, kol dan seledri. Buah-buahan yang banyak mengandung gas harus dihindari seperti durian, nangka, nanas. Hindari pula rokok dan minuman yang beralkohol.
6.    MENGKONSUMSI OBAT MAAG
Penderita maag selama puasa bisa mengkonsumsi obat maag obat maag bisa diminum dengan dosis sekali sehabis sahur misalnya, tetapi bisa juga dengan dosis dua kali saat buka puasa atau saat sahur hal ini tergantung dengan derajat keparahan maag. Jika maagnya ringan minum obat maag cukup sekali tetapi bila maagnya berat bisa minum obat dua kali. Obat maag bisa diminum kapan saja bisa pada saat buka puasa maupun saat sahur. Jika obat maag itu akan diminum saat buka puasa bisa diminum sesaat sebelum buka puasa tetapi bisa pula setelah buka puasa. Kemudian jika obat maag itu akan diminum saat sahur paling tepat adalah setelah makan sahur selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar