Senin, 26 Desember 2016

TIPS PERTOLONGAN PERTAMA PADA ANAK YANG DEMAM



Anak-anak yang sering menderita demam anak yang sedang menderita demam, kulit wajah biasanya kelihatan memerah , badannya lemas, nafsu makan turun, rewel, dan tubuhnya panas akan tetapi mengigil kedinginan. Suhu tubuh tinggi inilah yang sering menjadi pemicu kejang demam pada anak yang menderita demam perlu segera mendapat pertolongan. Pertolongan pertama bagi anak yang menderita demam anatar lain sebagai berikut:
1.     SELIMUT TEBAL
Selimuti anak dengan selimut yang tebal hal ini agar anak merasa hangat sebab anak yang demam biasanya mengigil kedinginan meski tubuhnya panas.
2.    KOMPRES DENGAN AIR DINGIN
Jika panasnya tinggi, kompreslah memakai handuk kecil yang sebelumnya dibasahi air dingin atau air es. Kain kompres itu bisa diletakkan di dahi, pundak, ketiak dan lipatan paha. Mengapa kain kompres sebaiknya diletakkan di daerah itu? Sebab disitulah terdapat banyak pembuluh darah nadi, sehingga suhu dingin dari kain kompres cepat tersalurkan keseluruh tubuh. Sebelum kain kompres diletakkan didaerah itu peraslah kain terlebih dahulu agar airnya menetes bila kompresan menggunakan es yang dibungkus kain kompres harus dipindah-pindah untuk mencegah kerusakan jaringan setempat akibat suhu yang terlalu rendah.
3.    BERIKAN BANYAK MINUM
Tubuh pada anak yang demam membutuhkan banyak cairan karena itu, anak perlu diberikan minuman yang banyak. Lebih baik jika minuman itu air putih.
4.    BERIKAN OBAT PENURUN PANAS
Jika panasnya tinggi sebelum mendapatkan obat penurun panas dari dokter bisa saja anak diberikan obat penurun panas yang dijual bebas. Akan tetapi dosis pemberian obat disesuaikan dengan petunjuk pemakaian jika panasnya tidak segera turun, periksakan anak kedokter.
5.    JAGA JALAN NAFAS PADA ANAK
Jika demam ternyata berlanjut menjadi kejang maka pertolongan pertama yang perlu dilakukan adalah menjaga jalan nafas supaya tetap lancar untuk itu, tidurkan anak dalam posisi terlentang, segera periksa hidung dan mulutnya, apakah ada sisa-sisa makanan muntahan atau benda lainnya. Bila ada benda tadi harus harus segera dikeluarkan dengan memiringkan kepala anak ke salah satu sisi bila perlu dengan mengoreknya. Jangan berikan obat, minuman, makanan atau lainnya sebelum anak sadar karena dapat mengganggu kelancaran pernafasan pada anak longgarkan pakaian anak baik baju maupun celana dan ikat pinggang lalu ganjal bahunya agar jalan nafas lebih terbuka. Kemudian lakukan upaya menurunkan suhu tubuhnya dengan cara kompres meski kejang dan demamnya telah  terlewati sedapat mungkin anak dibawa ke dokter agar segera ditangani dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar