Selasa, 27 Desember 2016

VISI PENDIDIKAN DALAM MENGHADAPI ABAD KE 21



Tantangan-tantangan yang diperkirakan terkandung dalam abad ke 21 tersebut hendaknya disambut dengan visi yang jelas untuk menghadapinya. Adapun visi tersebut menurut komisi Internasional tentang pendidikan untuk abad 21 UNESCO adalah sebagai berikut:
1.     Dari Masyarakat Lokal Menuju Kepada Sebuah Masyarakat Dunia
a.    Saling ketergantungan di dunia dan globalisasi merupakan kekuatan-kekuatan dalam kehidupan dewasa ini kekuatan-kekuatan telah bekerja dan akan tetap menjadi satu kesan yang mendalam dalam abad 21.
b.    Bahaya utama adalah bahwa sebuah jurang terbuka timbul antara sekelompok minoritas orang yang dapat menemukan cara yang berhasil tentang dunia baru yang akan datang dengan mayoritas orang yang merasa bahwa mereka berada di dalam kekuasaan peristiwa-peristiwa yang terjadi sekarang tidak berbicara tentang masa depan masyarakat yang berkenaan dengan bahay-bahaya yang menyebabkan suatu kemunduran demokrasi dan pemberontakan yang tersebar luas.
c.    Kita harus terbimbing oleh tujuan yang bercita-cita mengendalikan dunia yang terarah pada saling pengertian yang lebih besar, suatu rasa tanggung yang lebih besar dan solideritas yang lebih besar melalui penerimaan perbedaan-perbedaan spiritual dan kultiral. Pendidikan dengan cara memberikan jalan masuk pada pengetahuan untuk semua mempunyai kejelasan dalam tugas universalnya membantu orang untuk memahami dunia dan memahamiorang lain.
2.    Dari Kohesi Sosial Menuju Partisipasi Demokrasi
a.    Kebijakan pendidikan harus cukup beraneka ragam dan harus dirancang bukan untuk mendorong eklusi sosial atau pengasingan sosial.
b.    Sosialisasi individu-individu haruslah tidak bertentangan dengan perkembangan pribadi oleh karena itu perlu bekerja yang tertuju pada sebuah sistem yang mendorong pada memadukan kebijakan-kebijakan tentang integrasi atau persatuan dengan penghormatan atas hak-hak individual.
c.    Pendidikan tidak dapat dengan sendirinya memecahkan masalah-masalah yang timbul karena pemutusan hubungan-hubungan sosial.
d.    Sekolah tidak dapat berhasil dalam tugas tersebut apabila tidak berusaha memberikan sumbangan untuk kemajuan persatuan kelompok-kelompok minoritas, dengan jalan menggunakan kepentingan sosial mereka memperhatikan juga sifat-sifat kepribadian individu-individu mereka.
e.    Demokrasi muncul secara progresif menunjukkan bentuk-bentuk dan berkembang melalui tahap-tahap yang sesuai dengan situasi dari setiap Negara. Pendidikan kesadaran dari kewarganegaraan yang aktif harus mulai disekolah.
f.    Partisipasi demokrasi merupakan suatu yang berkenaan dengan kewarganegaraan yang baik tetapi hal tersebut dapat diperkuat atau didorong melalui pengajaran dan praktek-praktek yang disesuaikan dengan suatu media dan informasi masyarakat.
g.    Peranan pendidikan menyediakan latar belakang kultur bagi anak-anak dan orang-orang dewasa yang akan memungkinkan mereka sejauh mungkin mempunyai pengertian tentang perubahan-perubahan yang terjadi.
3.    Dari Pertumbuhan Ekonomi Menuju Perkembangan Manusia
a.    Penerimaan lebih lanjut terhadap tema suatu model baru tentang perkembangan yang mengandung arti lebih luas memberikan penghargaan pada karateristik dan penstrukturan hidup manusia daripada pertumbuhan ekonomi
b.    Sebuah studi yang berorientasi pada masa depan tentang kedudukannya kerja dalam masyarakat memperlihatkan adanya pengaruh-pengaruh kemajuan dan perubahan teknis terhadap kehidupan pribadi dan masyarakat.
c.    Suatu penilaian yang lebih lengkap tentang perkemabgngan yang melibatkan semua aspeknya telah dilakukan oleh Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa.
d.    Perkembangan jalur-jalur baru antara kebijaksanaan pendidikan dengan kebijaksanaan pembangunan denaan menguatkan pada dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan-keterampilan di Negara-negara berkenaan dengan peningkatan inisiatif, kerja tim, sinergi-sinergi realistik dengan memperhitungkan sumber-sumber setempat, pengerjaan secara mandiri dan semangat untuk berusaha.
e.    Perlunya peningkatan dan ketersediaan secara umum terlaksananya pendidikan dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar