Kamis, 29 Desember 2016

HIKMAH DIBALIK PERGANTIAN TAHUN



          Hari demi hari berlalu minggu bulan tahun yang akan terus berjalan dan kita sebagai anak didik  dalam hari-hari yang berlalu kita harus senantiasa dalam mengisi lembaran-lembaran yang setiap tahun ditutup dan kemudian membuka lagi dengan lembaran baru ditahun yang akan mendatang. Lembaran tersebut sejarah kehidupan kita sehari-hari secara rinci dan yang akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT pada hari kemudian nanti.
          Kita sebagai individu yang akan bertanggung jawab dan akan mengenal pula hukum islam sebagai fardhu ain dan fardhu kifayah yang akan mengarahkan dan menentukan keruntuhannya dna kebangkitan. Berpegang teguh dengan Al-qur’an berpedoman dengan satu kitab suci yang menegaskan bahwa bukan hanya individu akan tetapi juga bangsa yang mempunyai hukum-hukum dan prinsipnya dalam mengokohkan iman kita memperkuat dan memperteguhkan ibadah kita. Karena dalam diri manusia kesadaran yang akan ditanamkan, kesadaran akan kemanusiaan serta kehormatannya yang berpengetahuan dan mengaktualkan dirinya sifat-sifat yang ilahi sesuai dengan kemampuan, dan kesadaran akan tanggung jawab sosial.
          Jadi sebagai umat yang bertakwa memaknai pergantian tahun harus mengisi hari-hari yang telah berlalu dalam hidupnya atas dasar kesadaran yang telah dipaparkan diatas dan kita sebagai umat yang bertakwa akan memperoleh kebahagiaan yang abadi. Dan dal QS Al Isra ayat 71 “Mereka itulah yang akan menerima lembaran sejarah hidupnya dengan tangan kanannya”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar