Senin, 26 Desember 2016

LANDASAN PENDIDIKAN



1.     Landasan filofis merupakan landasan yang berkaitan dengan makna dan hakikat pendidikan yang berusaha menelaah masalah-masalah pokok seperti: Apakah pendidikan it, mengapa pendidikan diperlukan, apa tujuannya dan sebagainya. Landasan filosofis ini berlandaskan filsafat, filsafat menelaah sesuatu secara radikal, menyeluruh dan konseptual yang menghasilkan konsepsi-konsepsi mengenai kehidupan dan dunia. Filsafat pendidikan berupaya menjawab secara kritis dan mendasar berbagai pernyataan pokok sekitar pendidikan, seperti apa, mengapa ke mana, bagaimana dan sebagainyan kejelasan berbagai hal itu sangat penting untuk menjadikan landasan berbagai keputusan dan tindakan yang dilakukan dalam pendidikan. Hal itu sangat penting keputusan dan tindakan harus diyakini kebenaran dan ketepatannya meskipun hasilnya belum dapat dipastikan. Ketepatan setiap keputusan dan tindakan serta diikuti dengan upaya pemantauan yang menerus sangat penting karena koreksi setelah diperoleh hasilnya akan sangat sulit dan sudah terlambat.
2.    Landasan sosiologis kegiatan pendidikan merupakan suatu proses interaksi antara dua individu, bahkan dua generasi yang memungkinkan generasi muda memperkembangkan diri. Kegiatan pendidikan yang sistematis terjadi dilembaga sekolah dengan dibentuk oleh masyarakat. Dengan meningkatnya perhatian sosiologi pada kegiatan pendidikan maka lahirlah cabang sosiologi pendidikan. Sosiologi pendidikan merupakan analisis ilmiah tentang proses sosial dan pola-pola interaksi sosial didalam sistem pendidikan.
3.    Landasan cultural kebudayaan sebagai gagasan dan karya manusia beserta hasil budi dan karya akan selalu terkait dengan pendidikan utamanya belajar. Kebudayaan dalam arti luas tersebut dapat berwujud:
a.    Ideal seperti ide, gagasan, nilai dan sebagainya
b.    Kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat dan
c.    Fisik yakni benda hasil karya manusia.
4.    Landasan psikologi berkaitan dnegan aspek kejiwaan, merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan karenanya hasil kajian dan penemuan psikologis sangat diperlukan penerapannya dalam bidang pendidikan. Psikologi menyediakan sejumlah informasi tentang kehidupan pribadi manusia pada umumnya. Serta gejala-gejala yang berkaitan dengan aspek pribadi. Individu memiliki bakat, kemampuan,minat, kekuatan serta tempo dan irama perkembangan yang berbeda satu dengan yang lain.
5.    Landasan ilmiah dan teknologi pendidikan dan IPTEK mempunyai kaitan yang sangat erat. IPTEK menjadikan bagian utama dalam isi pengajaran. Pendidikan bereran sangat penting dalm pewarisan dan pengembangan IPTEK dari sisi lain setiap perkembangan IPTEK harus segera diakomodal oleh pendidikan yakni dengan segera memasukan hasil penegmbangan IPTEK dalam sisi bahan ajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar