1.
Landasan filofis merupakan landasan yang berkaitan
dengan makna dan hakikat pendidikan yang berusaha menelaah masalah-masalah
pokok seperti: Apakah pendidikan it, mengapa pendidikan diperlukan, apa
tujuannya dan sebagainya. Landasan filosofis ini berlandaskan filsafat,
filsafat menelaah sesuatu secara radikal, menyeluruh dan konseptual yang menghasilkan
konsepsi-konsepsi mengenai kehidupan dan dunia. Filsafat pendidikan berupaya
menjawab secara kritis dan mendasar berbagai pernyataan pokok sekitar
pendidikan, seperti apa, mengapa ke mana, bagaimana dan sebagainyan kejelasan berbagai
hal itu sangat penting untuk menjadikan landasan berbagai keputusan dan
tindakan yang dilakukan dalam pendidikan. Hal itu sangat penting keputusan dan
tindakan harus diyakini kebenaran dan ketepatannya meskipun hasilnya belum
dapat dipastikan. Ketepatan setiap keputusan dan tindakan serta diikuti dengan
upaya pemantauan yang menerus sangat penting karena koreksi setelah diperoleh
hasilnya akan sangat sulit dan sudah terlambat.
2.
Landasan sosiologis kegiatan pendidikan merupakan
suatu proses interaksi antara dua individu, bahkan dua generasi yang
memungkinkan generasi muda memperkembangkan diri. Kegiatan pendidikan yang
sistematis terjadi dilembaga sekolah dengan dibentuk oleh masyarakat. Dengan
meningkatnya perhatian sosiologi pada kegiatan pendidikan maka lahirlah cabang
sosiologi pendidikan. Sosiologi pendidikan merupakan analisis ilmiah tentang
proses sosial dan pola-pola interaksi sosial didalam sistem pendidikan.
3.
Landasan cultural kebudayaan sebagai gagasan dan
karya manusia beserta hasil budi dan karya akan selalu terkait dengan
pendidikan utamanya belajar. Kebudayaan dalam arti luas tersebut dapat
berwujud:
a.
Ideal seperti ide, gagasan, nilai dan sebagainya
b.
Kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat dan
c.
Fisik yakni benda hasil karya manusia.
4.
Landasan psikologi berkaitan dnegan aspek
kejiwaan, merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan karenanya hasil
kajian dan penemuan psikologis sangat diperlukan penerapannya dalam bidang
pendidikan. Psikologi menyediakan sejumlah informasi tentang kehidupan pribadi
manusia pada umumnya. Serta gejala-gejala yang berkaitan dengan aspek pribadi.
Individu memiliki bakat, kemampuan,minat, kekuatan serta tempo dan irama
perkembangan yang berbeda satu dengan yang lain.
5.
Landasan ilmiah dan teknologi pendidikan dan IPTEK
mempunyai kaitan yang sangat erat. IPTEK menjadikan bagian utama dalam isi
pengajaran. Pendidikan bereran sangat penting dalm pewarisan dan pengembangan
IPTEK dari sisi lain setiap perkembangan IPTEK harus segera diakomodal oleh
pendidikan yakni dengan segera memasukan hasil penegmbangan IPTEK dalam sisi
bahan ajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar