Selasa, 27 Desember 2016

LEMBAGA PENDIDIKAN



Pendidikan Formal, Non-Formal dan In-Formal
          Lembaga pendidikan formal sebagai lembaga pendidikan sekolah dikatakan formal karena diadakan disekolah atau ditempat tertentu, teratur, sistematis mempunyai jenjang dan dalam kurun waktu tertentu serta berlangsung dari TK sampai PT berdasarkan aturan resmi yang telah ditetapkan. Pada umumnya lembaga formal adalah tempat yang paling memungkinkan seseorang meningkatkan pengetahuan dan paling mudah untuk membina generasi muda yang dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat. Bagi pemerintah karena dalam rangka pengembangan bangsa dibutuhkan pendidikan maka jalur yang ditempuh untuk mengetahui output baik secara kuantitatif maupun kualitatif maka dari itu sekolah adalah lembaga dengan organisasi yang tersusun rapi dan segala aktifitasnya direncanakan dengan sengaja yang disebut kurikulum.
          Lembaga pendidikan non formal atau pendidikan luar sekolah adalah semua bentuk pendidikan yang diselenggarakan dengan sengaja tertib dan berencana diluar kegiatan persekolahan. Komponen yang diperlukan harus disesuaikan dengan keadaan yang memuaskan. Antara lain:
1.     Guru atau tenaga pengajar atau pembimbing atau tutor
2.    Fasilitas
3.    Cara menyampaikan atau metode
4.    Waktu yang dipergunakan
Pendidikan In formal ini terutama baerlangsung ditengah keluarga namun, berlangsung dilingkungan sekitar keluarga tertentu perusahanaan, pasar, terminal dan lain-lain yang berlangsung setiaphari tanpa ada batasan waktu. Pendidikan in formal ini mempunyai tujuan tertentu khususnya untulingkungan keluarga atau rumah tangga, lingkungan desa, lingkungan adat. Pendidikan ini dapat berlangsung diluar sekolah misalnya didalam keluarga atau masyarakat, tetapi juga dapat pada saat didalam suasana pendidikan formal atau disekolah misalnya pada waktu istirahat sekolah, waktu jajan dikantin atau pada waktu saat pemberian pelajaran tentang keadaan sikap guru mengajar atau saat guru memberikan tindakan tertentu. 

Sumber: Atin Fatimah. Pengantar Pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar