Selasa, 06 Desember 2016

TIPS-TIPS KESEHATAN



BAWANG PUTIH UNTUK MENGHILANGKAN PANU
Panu memang cukup mengganggu penampilan. Bila menderita penyakit ini atasi dengan cara berikut: Ambil bawang putih, kupas, potong menjadi 2 bagian, gosokkan pada panu tersebut selama kurang lebih 1 menit. Lakukan secara rutin 2 hingga 3 kali sehari, niscaya panu akan segera hilang. Silakan mencoba.

MENGHILANGKAN SELULIT
Banyak wanita di atas usia 20 tahun mengalami selulit. Selulit merupakan kelainan struktur jaringan lemak di dalam lapisan kulit paling bawah. Kelainan ini tidak terjadi begitu saja tapi disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya: Sirkulasi darah kurang lancar, kondisi pembuluh darah kapiler yang rapuh, stress, dan faktor hormonal (progesterone, estrogen dan testosterone). Meski selulit bukanlah suatu penyakit yang menakutkan tapi bagi sebagian besar wanita sangat meresahkan. Dengan adanya selulit pada bagian tubuhnya, dia akan merasa minder dan kurang percaya diri. Karena selulit tidak datang secara tiba-tiba maka selulit juga tidak bisa dihilangkan dalam waktu singkat. Perlu kesabaran untuk mengatasinya. Diantaranya dengan menjalankan pola makan yang sehat, mengkonsumsi vitamin yang mamadai seperti vitamin E,A,P dan mineral. Dan jangan lupa olahraga yang teratur. Di beberapa kota besar kini sudah ada tempat-tempat untuk menangani problem selulit dengan cara perawatan teknologi modern.  

BINTIK MERAH DI PUNGGUNG

Kemungkinan yang dialami orang-orang ialah yang biasa disebut dengan “jerawat batu”. Jerawat ini biasanya timbul karena ada penyumbatan kelenjar minyak sehingga terjadi pengerasan komedo.
Untuk itu ada baiknya berkonsultasi dengan langsung ke dokter spesialis kulit. Lalu akan mendapatkan resep obat yang bisa dioleskan langsung ke daerah yang mengalami bintik-bintik merah tersebut. Obat tersebut membuat lapisan kulit lebih tipis dan kelenjar minyak tidak akan tersumbat, dan secara bertahap bintik-bintik merah akan hilang. Selain itu, ketika mandi gosoklah daerah yang ada bintik-bintiknya tersebut dengan sabun sebersih mungkin. Jika diperlukan untuk membantu kesehatan kulit, minumlah vitamin A vitamin C dan vitamin E. 


KETIAK SELALU BASAH
Keringat berlebihan memang sangat mengganggu penampilan apalagi bila berbau. Karena itu wajar saja bila merasa rendah diri akibat hal ini. Menggunakan deodorant untuk mengatasi masalah ini boleh saja tetapi jangan terlalu sering sebab kurang baik. Dalam mengatasi masalah ini gunakan saja bedak tabor diketiak setelah mandi. Hanya saja jangan menabur bedak saat ketiak masih basah. Karena itu keringkan ketiak dengan handuk sampai benar-benar kering baru ditaburi bedak. Cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan meminum campuran telur cuka dan madu rutin selama seminggu sebelum sarapan pagi.
 
PENDENGARAN MENURUN
Setiap manusia bertambah tua organ pendengaran juga ikut menua. Tentu penuaan organ seseorang dengan orang lain tidak selalu sama. Menurunnya pendengaran bisa karena faktor penuaan. Pada organ yang sudah tua, di dalam rongga telinga bagian dalam dimana terdapat organ yang saling berhubungan yang memproses pendengaran menjadi kaku. Hal ini menyebabkan menurunnya pendengaran. Bila penurunan pendengaran yang dialami akibat hal ini bisa dibantu menggunakan alat bantu dengar. Untuk itu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter THT dan mintalah informasi yang sejelas-jelasnya. Dan juga mintalah saran tentang alat bantu dengar yang nyaman dipakai dan memberikan manfaat yang besar bagi diri kita sendiri. 

DAUN PEPAYA UNTUK MENINGKATKAN NAFSU MAKAN
Kita semua pasti pernah mengalami gangguan nafsu makan, penurunan nafsu makan perlu segera diatasi sebab disamping akan menrunkan berat badan juga akan menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah sakit. Bila nafsu makan sedang menurun jangan khawatir atasi dengan resep berikut ini: Ambilah beberapa helai daun papaya, satu butir (sebesar ibu jari) Temu Ireng, keduanya tumbuk sampai halus, tambahkan satu gelas air putih matang, peras, saring hingga mendapatkan air saringan sebanyak satu gelas kecil dan minumlah. Lakukan hal ini setiap pagi hari selama lima hari berturut-turu. Rasanya memang pahit tetapi sangat berkhasiat. Nafsu makan akan meningkat dan tubuh akan terasa bugar kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar