Kamis, 29 Desember 2016

PENULISAN LAPORAN ILMIAH DENGAN BAIK



Sebuah penelitian akan menjadikan penelitian ilmiah apabila hasilnya ditulis dalam bentuk laporan ilmiah. Penulisan laporan ilmiah perlu dilakukan sebagai media komunikasi anatar saintis dan pihak lainnya sebelum menulis ilmiahsaintis terlebih dulu harus membuat kerangka tulisannya. Berikut penulisan ilmiah terdiri dari beberapabagian yaitu bagian awal, bagian tubuh dan bagian akhir:
1.     Bab I Pendahuluan
Pada bab ini menjelaskan tentang latar belakang masalah dan tujuan penelitian latar belakang masalah berisi informasi tentang suatu masalah penelitian, serta alasan pentingnya penelitan itu dilakukan. Tujuan penelitian adalah pertanyaan tentang sesuatu yang ingin diketahui.
2.    Bab II Landasan Teori
Pada bab ini dijelaskan tentang teori-teori yang digunakan untuk mendukung proses penelitian hanya saja teori yang relevan yang ditulis dibab ini.
3.    Bab III Metodologi Penelitian
Pada bab ini dijelaskan tentang objek penellitian alat ukur penelitian teknik pengambilan data dan cara menganalisis data. Objek penelitian menjelaskan tentang apa yang telah menjadikan objek penelitian di bab ini saintis juga menjelaskan teknik pengumpulan data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner tergantung pada kebutuhan penelitian untuk dapat mengolah data selain itu adanya landasan teori diperlukan alat ukur.
4.    Bab IV Analisis dan Hasil Penelitian
Bab ini saintis menejlaskan tentang gambaran data analisis data dan hasil penelitian misalnya dalam bentuk tabel atau diagram data yang diperoleh untuk dianalisis. Mutunya dari suatu penelitian dapat dilihat dari berbagai aspek antara lain tujuan penelitian, kedalaman, keluasan dan ketajaman analisis. Seluruh hasil dikumpulkan dengan analisis interpretasi yang akan menghasilkan beberapa informasi baru yang sasarannya saat mencari jawaban atas permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya.
5.    Bab V Kesimpulan dan Saran
Dibab ini perlu dibuat hasil kesimpulan yang berupa ringkasan dari hasil penelitian maupun jawaban atas rumusan yang telah ditetapkan pada bagian awal penelitian.

Sumber: Yudhistira, Bambang Ruwanto. Fisika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar