Senin, 26 Desember 2016

PROBLEM TERHADAP ANAK YANG MALAS UNTUK SEKOLAH



Anak yang baru saja memasuki bangku sekolah memang masih sering memperlihatkan perilaku seperti malas ke sekolah hal ini umumnya disebabkan karena anak merasa kurang nyaman ketika berada di sekolah penyebab rasa kurangg nyaman ini bisa bermacam-macam misalnya anak merasa asing dilingkungan sekolah, anak tidak bisa bergaul dengan temannya, anak takut kepada gurunya, anak merasa kesulitan untuk mengikuti pelajaran, anak mendapat ancaman dari temannya dan lain sebagainya. Karena merasa tidak nyaman disekolah maka anak malas untuk sekolah lebih memilih berada dirumah. Menghadapi anak yang seperti ini sebagai orang tua tidak perlu cemas keadaan anak yang tidak menunjukkan bahwa sifat anak kurang baik hanyalah sebuah perasaan tidak nyaman saja ketika anak di sekolah.
Untuk mengatasi masalah seperti ini harus dicari penyebabnya mengapa demikian? Jika penyebabnya karena anak merasa asing dilingkungan sekolah misalnya maka guru dibantu dnegan orang tua perlu mengenalkan sedikit demi sedikit lingkungan baru supaya anak mengenal dan menyenangi lingkungan baru. Pengenalan itu, biasanya dengan cara orang tua yang selalu menemani dan memberikan penjelasan terhadap anak ketika anak disekolah. Dengan cara seperti ini anak jadi mengerti dan tidak takut lagi setelah anak mengenal dan menyukai lingkungan baru orang tua juga bisa melepaskan anak di tengah-tengah anak saat belajar disekolah.
Yang perlu orang tua ketahui ketika anak sedang tidak mau sekolah jangan dipaksa dengan kekerasan sebab, akan mengakibatkan perasaan anak tertekan. Dan juga jangan diberikan iming-iming hadiah tertentu mebuat anak manja dan anak akan terbiasa maka yang benar ialah bujuklah perlahan-lahan dan penuh kasih sayang, kesabaran sehingga anak bersedia untuk sekolah kembali. Setelah anak mau sekolah dan merasa di sekolah dia nyaman anak akan suka sekolah jadi perilaku seperti ini tidak sampai dia membawa ke besar kelak.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar