Sabtu, 10 Desember 2016

ZAITUN BUAH PURBA YANG KAYA MANFAAT



Holy fruit,sebagian orang memberi julukan zaitun atau olive (Olea europaea) memang termasuk tanaman purba yang sudah dikenal semenjak 3000 tahun sebelum Masehi dalam kitab-kitab suci namanya kerap disebut. Aroma buah yang khas dengan beragam manfaat menambah daya tarik buah purba ini mari kita kenali buah yang banyak manfaatnya seperti:
TANAMAN KHAS MEDITERANIA
       Zaitun atau olive merupakan tanaman berkayu yang “tahan banting” dapat bertahan di iklim dingin atau gersang sekalipun. Pohon ini juga banyak ditemui dinegara-negara Mediterania seperti Italia, prancis, Spanyol, Maroko dan lain seagainya. Pada musim semi pohon zaitun berbunga dan buahnya dapat dipanen di akhir musim gugur hingga msim dingin.
          Buah zaitun muda atau mentah berwarna hijau terang seiring dengan kematangannya warnanya berubah menjadi ungu kehitaman. Zaitun mentah sedikit masam, getir dan pahit sehingga tidak cocok dihidangkan sebagai buah dimeja makan. Zaitun mentah biasanya diolah menjadi asinan atau dikenal dengan pickle olive sedangkan zaitun matang dijadikan asinan yang dibuat dengan minyak dan dikenal sebagai olive oil atau minyak zaitun.
          Olive pickle terkenal dalam dunia masakan Timur Tengah dan Eropa cara pembuatannya relatif mudah. Buah direndam terlebih dahulu dalam keadaan larutan garam berbumbu selama beberapa minggu hingga terjadi proses fermentasi yang akan merubah citra rasa buah menjadi lebih baik untuk memperkaya rasa dan mempercantik penampilan ada kalanya biji buah dikeluarkan dan diisi dengan paprika atau wortel. Di Eropa dan Timur Tengah buah zaitun merupakan kebutuhan sehari-hari untuk campuran salad, topping pizz, pelengkap aneka hidangan, disantap dengan roti atau garnish masakan.
PENYEMBUH ANEKA PENYAKIT
          Bila olive pickle terkenal di Eropa dan Timur Tengah minyak zaitun atau olive oil terkenal diseluruh dunia. Dalam dunia boga, minyak zaitun dapat digunakan sebagai pengganti minyak goreng yang terutama pada masakan Italia seperti pasta, pizza dan aneka masakan lainnya. Selain keperluan masak-memasak minyak zaitun juga sangat dipercaya sebagai obat beragam penyakit.
          Juice zaitun segar dapat menyembuhkan gangguan mental dan pencernaan. Ilmuan lain mengatakan olive oil juga mengandung antioksidan zat yang dapat memerangi LDL Cholesterol penyumbat arteri yang menyebabkan serangan jantung. Penelitian ini diperkuat bukti sangat sedikitwarga Mediteria yang terkena serangan jantung. Tiga jenis olive oil:
1.     Extra virgin olice oil merupakan minyak zaitun paling murni dengan kadar asam 0,5-1% warnanya
2.    Virgin olive oil kandungan asamnya sekitar 4% dengan warna hijau kekuningan biasaya digunakan sebagai campuran masakan atau hidangan tumisan
3.    Olive oil minyak zaitun dengan kadar asam kebih dari 4% berwarna kekuningan dan biasanya digunakan sebagai pengganti minyak goreng dalam masakan Italia.
Ahli kecantikan menyepakati olive oil mengandung vitamin E dan monounsaturated yang dapat meremajakan menjaga kelembaban dan kelenturan kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar