Internet adalah jaringan dunia
yang melibatkan hampir setengah penduduk didunia. Selain itu, tidak sedikit
para ahli dan yang sudah berumur turut serta didalam internet, itulah sebabnya
setiap pemakain internet wajib memakia tata cara sopan santun dalam
berkomunikasi di internet, kususnya berkomunikasi melalui e-mail atau
newsgroup. Sering kali saat mengetahui kepada siapa kita sedang bertukar e-mail
atau news mungkin saja orang yang sedang berdiskusi dengan kita adalah seorang
pakar yang umurnya sudah lanjut. Dalam berkomunikasi atau berdiskusi sedapat
mungkin hindari hal-hal yang dapat menyinggung perasaan orang yang sedang diajak
berdiskusi. Etika berkomunikasi dalam internet dikenal dengan nama Netiquette atau network etiquette.
Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya dihindari dalam
berkomunikasi di internet:
1.
Penggunaan akronim berlebihan dalam menulis e-mail
atau diskusi. Gunakanlah akronim-akronim yang lazim dipergunakan antara lain
btw (by the way), imho (in my humble opinion), fwiw (for what is worth), fyi
(for your information), rtfm (read the friendly manual), cmiiw (correct me if I’m
wrong), tia (thanks in advance).
2.
Menulis dengan huruf kapital semua selain akan
sulit dibaca teks dengan huruf kapital semua juga member kesan marah.
Pergunakanlah pemakaian huruf yang semestinya.
3.
Membalas e-mail tanpa menghapus bagian-bagian yang
tidak perlu, balaslah e-mail dengan rapi, baik dan seperlunya.
4.
Mengirim e-mail balasan kepada semua orang yang
terdaftar sementara isinya lebih ditunjukkan ke pengirim saja. Mengirimkan
e-mail dengan kurang memperhatikan secara tepat siapa saja yang perlu menerima
e-mail dapat menibulkan rasa kesal kepada penerima.
5.
Mengirimkan e-mail dengan kurang hati-hati atau
teledor sehingga e-mail yang seharusnya tidak dikirimkan pada seseorang justru
terkirim. Teknologi e-mail memudahkan kita dalam berkomunikasi tetapi
kadang-kadang tanpa disadari akan menjadikan kita teledor. Perhatikan kembali
To, CC, BCC, subyek dan isi e-mail sebelum dikirim.
6.
Menuliskan e-mail dengan maksud yang kurang jelas
atau menggunakan kata-kata yang terlalu panjang akan tetapi tidak berarti.
7.
Menulis kalimat-kalimat yang kasar.
8.
Menulis e-mail lebih dari 70 karakter dalam satu
line hal ini membuat e-mail sulit untuk dibaca.
9.
Jangan melakukan spam mungkin tidak sengaja untuk
melakukannya akan tetapi kadang-kadang tidak menyadari alamat e-mail yang
didapatkan dari forwarded e-mail kemudian
menggunakannya tanpa permisi perbuatan seperti ini termasuk ke kateggori spam.
10. Bersabarlah
menunggu reply tidak semua orang yang megakses internet setiap hari teman kita
mungkin tidak mengecek atau memebalas e-mail dengan segera masih banyak orang
yang mengecek e-mail mereka seminggu sekali bahkan kadang-kadang lebih lama
dari itu.
Sumber: Agus Buono, Ahmad Ridha, Annisa, Firman Ardiansyah,
Imas Sukaesih, Panji Wasmana. Teknologi
Informasi dan Komunikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar