Selasa, 06 Desember 2016

MEMBUAT SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK



Dalam kondisi perekonomian kita seperti sekarang ini memperoleh pekerjaan merupakan hal yang tidak mudah. Menyikapi keadaan seperti ini maka langkah pertama untuk memperoleh pekerjaan ialah membuat surat lamaran yang baik. Dengan surat lamaran yang baik, kita dapat menginformasikan mengenai diri kita dengan baik sehingga perusahaan yang dituju menegtahui kelebihan-kelebihan kita. Berikut terdapat 7 hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja yang baik antara lain:
1.      Lengkapi Persyaratan Yang Diminta
Ketika membuka lowongan pekerjaan perusahaan biasanya mencantumkan persyaratan bagi pelamar. Karena itu ketika membuat lamaran pastikan semua persyaratan yang diminta perusahaan telah dilampirkan, misalnya: Foto copy ijazah, KTP, foto dan lain sebagainya. Jangan sampai persyaratan itu ada yang tertinggal apabila hal itu sampai terjadi kemungkinan lamaran tidak akan di proses lebih lanjut.
2.      Berikan Informasi Singkat Tetapi Jelas
Dalam surat lamaran berikan informasi singkat namun lengkap dan jelas mengenai pendidikan, pengalaman kerja dan kegiatan yang lain yang berhubungan dengan jabatan yang diinginkan. Jangan memberikan informasi yang  bertele-tele hal itu bisa menyebabkan informasi yang disampaikan tidak jelas.
3.      Pergunakan Kertas Ukuran Standar
Dalam membuat surat lamaran pergunakan kertas standar, biasanya ukuran A4 atau kuarto dan berwarna putih jangan menggunakan kertas warna. Pakailah kertas biasa kecuali untuk posisi tertentu dapat menggunakan kertas yang lebih mahal. Sebaiknya memakai tinta hitam.
4.      Tujukan Anda adalah Orang Paling Tepat Untuk Lowongan Itu
Dalam membuat lamaran tunjukan bahwa diri kita merupakan orang yang tepat untuk mengisi lowongan tersebut. Karena itu informasi secara lengkap pengalaman-pengalaman yang berkaitan dengan posisi yang diri kita tuju.
5.      Gunakan Kalimat Yang Sopan
Dalam membuat lamaran pergunakan kalimat yang sopan. Hal ini penting dengan kalimat yang sopan pihak penyelenggara juga akan menghormati.
6.      Gunakan Ejaan Yang Benar
Gunakan ejaan yang benar ketika membuat lamaran kerja. Jangan lupa mengecek kembali ejaan, tulisan atau istilah yang kurang tepat. Kesalahan sekecil apapun akan menunjukkan bahwa diri kita kurang professional.
7.      Berikan Alamat Yang Mudah Dihubungi
Berikan alamat tempat tinggal, e-mail atau nomor telepon yang mudah untuk dihubungi. Hal ini untuk menghindari keterlambatan penyampaian panggilan wawancara bila diri kita lolos dalam seleksi untuk tahap pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar