Dalam kondisi
perekonomian kita seperti sekarang ini memperoleh pekerjaan merupakan hal yang
tidak mudah. Menyikapi keadaan seperti ini maka langkah pertama untuk
memperoleh pekerjaan ialah membuat surat lamaran yang baik. Dengan surat
lamaran yang baik, kita dapat menginformasikan mengenai diri kita dengan baik
sehingga perusahaan yang dituju menegtahui kelebihan-kelebihan kita. Berikut
terdapat 7 hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja yang
baik antara lain:
1.
Lengkapi
Persyaratan Yang Diminta
Ketika membuka lowongan
pekerjaan perusahaan biasanya mencantumkan persyaratan bagi pelamar. Karena
itu ketika membuat lamaran pastikan semua persyaratan yang diminta perusahaan
telah dilampirkan, misalnya: Foto copy ijazah, KTP, foto dan lain sebagainya.
Jangan sampai persyaratan itu ada yang tertinggal apabila hal itu sampai
terjadi kemungkinan lamaran tidak akan di proses lebih lanjut.
2.
Berikan
Informasi Singkat Tetapi Jelas
Dalam surat lamaran
berikan informasi singkat namun lengkap dan jelas mengenai pendidikan, pengalaman
kerja dan kegiatan yang lain yang berhubungan dengan jabatan yang diinginkan.
Jangan memberikan informasi yang
bertele-tele hal itu bisa menyebabkan informasi yang disampaikan tidak
jelas.
3.
Pergunakan
Kertas Ukuran Standar
Dalam membuat surat
lamaran pergunakan kertas standar, biasanya ukuran A4 atau kuarto dan berwarna
putih jangan menggunakan kertas warna. Pakailah kertas biasa kecuali untuk
posisi tertentu dapat menggunakan kertas yang lebih mahal. Sebaiknya memakai
tinta hitam.
4.
Tujukan
Anda adalah Orang Paling Tepat Untuk Lowongan Itu
Dalam membuat lamaran
tunjukan bahwa diri kita merupakan orang yang tepat untuk mengisi lowongan
tersebut. Karena itu informasi secara lengkap pengalaman-pengalaman yang
berkaitan dengan posisi yang diri kita tuju.
5.
Gunakan
Kalimat Yang Sopan
Dalam membuat lamaran
pergunakan kalimat yang sopan. Hal ini penting dengan kalimat yang sopan
pihak penyelenggara juga akan menghormati.
6.
Gunakan
Ejaan Yang Benar
Gunakan ejaan yang
benar ketika membuat lamaran kerja. Jangan lupa mengecek kembali ejaan, tulisan
atau istilah yang kurang tepat. Kesalahan sekecil apapun akan menunjukkan bahwa
diri kita kurang professional.
7.
Berikan
Alamat Yang Mudah Dihubungi
Berikan alamat tempat
tinggal, e-mail atau nomor telepon yang mudah untuk dihubungi. Hal ini untuk
menghindari keterlambatan penyampaian panggilan wawancara bila diri kita lolos
dalam seleksi untuk tahap pertama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar