Senin, 26 Desember 2016

WASPADAI KANKER KULIT



Cukup banyak jenis kanker salah satunya yang lepas dari perhatian orang ialah kanker kulit. Meski kanker kulit mudah dideteksi disbanding kanker jenis lain akan tetapi jika terlambat ditangani sangat berbahaya. Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit yang tidak normal. Pertumbuhan sel yang tidak normal ini merusak jaringan-jaringan yang ada disekitar kulit. Secara garis besar kanker kulit bisa dibedakan menjadi tiga jenis yaitu karsinoma sel basal, karsinoma sel skuomosa dan melanoma maligna. Dari ketiga jenis kanker tersebut karsinoma sel basal merupakan jenis kanker yang paling ringan karena penyebarannya yang paling lambat sedangkan karsinoma sel skuomosa dan melanoma maligna merupakan jenis kanker ganas karena penyebarannya sangat cepat dalam waktu yang singkat. Penyebab kanker kulit bisa dibedakan menjadi dua yakni faktor dalam dan luar tubuh.
Faktor dalam karena adanya keturunan artinya orang tersebut telah membawa bibit penyakit kanker kulit, sedangkan faktor luar bisa karena zat karsinogen dan sinar matahari. Karena sinar matahari mengandung sinar ultra violet B sinar ini ketika masuk kedalam lapisan dermis kulit akan merusak sel-sel yang ada disitu. Namun tidak selamanya  sinar matahari mampu memicu timbulnya kanker kulit hanya pada jam tertentu saja sinar matahari yang bahaya antara jam 09.00 pagi sampai 15.00 sore. Pada jam-jam tersebut kandungan UVB berada pada titik yang palking tinggi. Untuk sampai terjadinya kanker kulit memerlukan waktu panjang jadi tidak begitu terkena sinar matahari dengan kandungan UVB tinggi langsung menderita kanker proses reaksi ke arah kanker perlu waktu 10 tahun atau pun lebih. Pengaruh sinar ultra violet B pada kulit akan berkurang jika dihalangi oleh rambut, lapisan tandukkulit yang tebal dan zat warna kulit. Orang yang berkulit hitam lebih tahan terhadap sinar ultra violet B dibandingkan dengan orang yang berkulit putih. Inilah sebabnya orang berkulit hitam jarang terkena kanker kulit hal ini disebabkan orang berkulit hitam mempunyai zat warna kulit lebih banyak daripada orang berkluit putih berjemur matahari untuk mendapatkan warna kulit yang lebih gelap sebab, hal itu bisa memicu timbulnua kanker kulit. Kemudian jika dilihat dari jenis kelamin pria lebih banyak terkena kanker kulit dibandingkan wanita. Hal ini erat kaitannya dengan tugas-tugas setiap harinya kaum pria lebih banyak bekerja dilapangan sehingga lebih banyak terkena sinar matahari langsung. Sealin ras dan jenis kelamin usia pun ikut menjadi faktor pemicunya frekuensi terkena kanker kulit akan lebih banyak ditemukan pada usia 50-60 tahun dibandingkan pada usia yang lebih muda.
Tanda kanker kulit aiantara berbagai kanker yang merupakan kanker yang paling mudah terdeteksi tanda kanker kulit bisa beragam bisa bermula dari rasa gatal atau nyeri terjadi pendarahan walaupun hanya ringan hingga luka yang sukar sembuh. Adanya sisik yang melekat pada permukaan kulit pun patut diwaspadai sisik tersebut akan mengeluarkan darah jika diangkat tanda lain bisa dilakukan dengan perabaan tangan dengan rabaan permukaan kulit terasa keras, kenyal dan mudah untuk digerakkan dari dasarnya. Seperti halnya kanker yang lain kanker kulit jika sudah diketahui secara mudah harus cepat diatasi akan tetapi jika terlambat ditangani sangat berbahaya sebab bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu mencegah tentu lebih baik daripada mengobati mengingat kanker kulit lebih banyak disebabkan karena faktor sinar ultra matahari maka pencegahan yang paling baik adalah menghindari terkena sinar matahari pada jam-jam tertentu yang paling banyak mengandung sinar UVB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar