Kamis, 29 Desember 2016

MAKNA MINAL AIDIN WAL FAIZIN



Minal Aidin Wal Faizin harapan dan doa yang diucapkan kepada sanak keluarga pada saat Idul Fitri tiba hari kemenangan setelah sebulan full berpuasa yang diakhiri dengan melaksanakan sholah Idul Fitri.
Minal Aidin berarti semoga kita termasuk orang-orang yang kembali, maksudnya kembali dengan firahnya yaitu asal kejadian, kesucian, atau agama yang benar. Setelah mengasah dan mengasuh jiwa dalam berpuasa sebulan full orang muslim dapat kembali ke asal kejadiannya dan akan menemukan jati diri yaitu kembali ke yang suci sebagaimana ketika baru dilahirkan serta akan kembali untuk mengamalkan ajaran agama yang benar. Karena menuntut untuk keserasian hubungan dengan sesame manusia, lingkungan dan alam.
Sementara Al-Faizin diambil dari kata Fawz yang berarti keberuntungan sebagai keberuntungan yang besifat material. Dalam QS An-Nisa 73 “Pengampunan dan ke Ridhaan Allah serta kebahagiaan surgawi”jadi harapan dan doa yaitu semoga kita termasuk orang-orang yang memperoleh ampunan dan ridha Allah SWT sehingga kita semua mendapatkan kenikmatan surganya kelak diakhirat nanti. Jadi kita sebagai umat yang bertakwa kepada Allah harus saling berlapang dada untuk mengulurkan tangan dan saling mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin semoga kita dapat kembali untuk menemukan jati diri kita dan semoga kita bersama memperoleh ampunannya, ridha dan kenikmatan surgawi.

Sumber: Lentera Hati  Kisah dan Hikmah Kehidupan
              Diterbitkan oleh Penerbit Mizan Anggota IKAPI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar