Rabu, 07 Desember 2016

PERBEDAAN SKRIPSI DAN JENIS KARYA ILMIAH



Berbagai jenis karya ilmiah yang sering di dengar oleh para mahasiswa seperti makalah, kertas kerja, artikel, skripsi, tesis dan disertai juga berbagai perbedaannya.
          Makalah adalah karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah dalam bidang tertentu yang membahas tentang data empiris dan objektif dan penyajiannyan mengikuti proses berfikir deduktif ataupun indukif. Makalah juga disusun oleh mahasiswa untuk melengkapi tugas terstruktur atau tugas akhir mata perkuliahan tertentu untuk memberikan suatu masalah secara ilmiah. Makalah juga memiliki cirri-ciri sebagai karya ilmiah, yaitu objektif, netral, faktual, sistematis, dan logis.
          Kertas kerja seperti makalah dan karya ilmiah yang menyajikan bidang tertentu yang pembahasannya berdasarkan data empiris dan objektif dan penyajiannya mengikuti proses berpikir deduktif ataupun induktif. Akan tetapi analisis dalam kertas kerja lebih mendalam dan aplikatif. Karena sifat yang analisis kertas kerja juga dipakai untuk bahan sajian dalam seminar (sanggar kerja, work shop).
          Artikel karya ilmiah yang menyajikan bidang tertentu yang pembahasannya berdasarkan data empiris dan objektif dan penyajiannya mengikuti proses berpikir deduktif ataupun induktif. Akan tetapi karena dipersiapkannya untuk jurnal atau majalah ilmiah kajiannya mengikuti pola atau format yang dikehendaki terhadap redaksi majalah. Mahasiswa juga menulis artikel berdasarkan pada skripsi yang telah dibuatnya untuk diterbitkan dalam jurnal dari segala kumpulan hasil penelitian oleh mahasiswa.
          Skripsi adalah karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa yang membahas topic atau bidang tertentu berdasarkan hasil kajian pustaka yang ditulis oleh para ahli atau juga dari hasil pengembangan. Pengerjaan skripsi juga mahasiswa tidak sendiri supaya hasil skripsi tersebut berkualitas baik dari segi isi maupun teknik penyampaiannya maka dari itu mahasiswa dibimbing oleh beberapa dosen pembimbing yang ditunjuk oleh perguruan tinggi yang bersangkutan tersebut.
          Tesis karya ilmiah yang biasanya ditulis oleh mahasiswa S2 pembahasan tesis biasanya lebih mendalam daripada skripsi. Maka dari itu pembahasan suatu topik yang hanya terbatas pada studi pustaka yang biasa terdapat pada skripsi tidak diberlakukan dalam tesis. Topik dalam tesis lebih mengarah pada penelitian lapangan dan pengembangan yang dianalisis berdasarkan teori-teori yang ada dan sebagai dasar untuk hipotesis yang telah dirumuskan.
          Disertasi karya ilmiah yang biasanya ditulis oleh mahasiswa S3 yang menggunakan dalil atau teori yang baru berdasarkan hasil temuan lapangan. Temuan baru biasanya akan diterima di kalangan komunitas akademik setelah dipertanggungjawabkan dihadapan forum oleh karena itu disertasi bisa dianggap sebagai temuan yang orisinil.

                  

1 komentar: