Rabu, 28 Desember 2016

BERPIKIR YANG KRITIS



Allah SWT menciptakan manusia berbeda dengan makhluk yang lain manusia memiliki akal (rasio) dan rasa sehingga dengan akal itu manusia mampu berpikir dan membedakan antara yang baik dan yang buruk. Orang yang tidak mau mempergunakan akalnya adalah orang yang dimurkai oleh Allah. Allah SWT memerintahkan agar setiap muslim senantiasa bersikap hati-hati, teliti dan kritis terlebih dahulu sebelum mengambil suatu tindakan. Allah SWT senantiasa mengetahui apa yang tersimpan dalam pikran dan perbuatan hambanya dan akan memerikan balasan yang setimpal dengan hal tersebut baik ataupun buruk. Proses berpikir dan semangat terus untuk mencari solusi atas suatu permasalahan merupakan sesuatu yang harus terus dipelihara. Semua masalah yang timbul dari dalam maupun luar merupakan pemicu seseorang untuk pendalaman kesadaran serta kecerdasan yang membandingkan dari beberapa masalah yang sedang atau akan terjadi hingga menghasilkan sebuah kesimpulan dan gagasan yang dapat memecahkan masalah tersebut.
Setiap orang juga memiliki pola piker yang berbeda akan tetapi apabila setiap orang mampu berpikir secara kritis masalah yang mereka hadapi tentu akan semakin sederhana dan mudah dicari solusinya. Oleh karena itu, manusia diberikan akal dan pikiran untuk senantiasa berpikir bagaimana menjadikan hidupnya lebih baik, tenteram dan mampu menjalani semua masalah apapun yang telah diberikan kepadanya. Banyak orang yang cenderung malas untuk memikirkan penyelesaian masalah yang sedang dihadapinya atau menghindar dari persoalan tersebut. Seseorang yang senantiasa menggunakan akal pikirannya sesuai dengan tuntunan Allah diantaranya menunjukkan sikap sebagai berikut:
1.     Mengingat Allah setiap saat
2.    Berpikir positif dan menyadari bahwa dibalik semua kejadian pasti memiliki hikmah sehingga tidak ada yang sia-sia
3.    Meyakini bahwa Allah telah mengatur segala ciptaannya demi kesejahteraan manusia
4.    Memilih yang terbaik berdasarkan hasil musyawarah
5.    Selalu mengambil hikmah dan pelajaran dalam setiap kejadian yang dialami
6.    Senang berbuat baik untuk sesama manusia
7.    Rajin untuk melaksanakn sholat
8.    Meyakini bahwa pasti ada kehidupan akhirat.
Beberapa cirri yang memiliki perilaku yang suka berpikir kritis antara lain sebagai berikut:
1.     Menanggapi atau memberikan komentar terhadap sesuatu dengan penuh pertimbangan. QS Al-Hujurat:6
2.    Bersedia memperbaiki kesalahan atau kekeliruan
3.    Dapat menelaah dan menganalisa sesuatu yang datang kepadanya secara sistematis
4.    Berani menyampaikan kebenaran meskipun berat dirasakan. QS Al-Ahzab:70, QS Al-Asr:3, QS Al-Maidah:8
5.    Bersikap cermat, jujur dan ikhlas karena Allah baik dalam mengerjakan pekerjaan yang bertalian dengan agama Allah maupun dengan urusan duniawi
6.    Kebencian terhadap sesuatu kaum tidak mendorongnya untuk tidak berbuat jujur atau tidak berlaku adil
7.    Adil dalam memberikan kesaksian tanpa melihat siapa orangnya walaupun akan merugikan diri sendiri, sahabat dan kerabat
8.    Keadilan ditegakan dalam segala hal karena keadilan menimbulkan ketentraman, kemakmuran dan kebahagiaan. Ketidakadilan hanya akan mengakibatkan hal yang sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar