Rabu, 28 Desember 2016

MANFAAT MEMPELAJARI BIOLOGI



Pada dasarnya mempelajari biologi membantu diri kita untuk mengerti tentang perilaku dan diri kita sendiri. Bagi sebagian besar diantara kita mungkin yang lebih menarik dari biologi adalah mempelajari tentang diri sendiri. Bagaimana tubuh untuk bekerja? Bagaimana reaksi tubuh terhadap penyakit? Dan bagaimana kita mirip atau berbeda dengan saudara atau orang tua kita??. Biologi juga dapat melakukan berbagai hal untuk kita.
Pertama biologi menawarkan suatu kesempatan untuk memperoleh ilmu pengetaghuan tentang diri kita sendiri dan benda hidup lainnya yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Selama kita memanfaatkan dunia ilmu pengetahuan tersebut kita akan memperoleh pemahaman yang baru tentang dunia kehidupn. Pemahaman tersebut pada akhirnya akan dapat menyebabkan segala sesuatu tentang diri kita supaya menjadi lebih menarik sepanjag hidup.
Kedua biologi dapat membantu kita untuk melihat dunia dan alam kehidupan ini sebagaimana yang dilakukan oleh saintis dengan biologi dapat melihat dan menjawab pertanyaan sesuai dengan fakta dan menolak berbagai kepercayaan atau pendapat-pendapat yang tidak logis. Untuk itu, diri kita harus mengembangkannya dengan cara-cara ilmiah.
Manfaat mempelajari biologi lainnya adalah sebagai pengetahuan dasar untuk beberapa bidang dan profesi misalnya bidang pertanian, kesehatan, perkebunan dan semua yang berkaitan dalam kehidupan dan pekerjaan sehari-hari. Dokter, perawat, ahli peternakan, ahli obat-obatan dan teknisi laboratorium rumah sakit haruslah memiliki latar belakang pengetahuan biologi sebagai langkah persiapan didalam profesi mereka. Artinya biologi dapat membantu kita untuk menemukan profesi yang kita inginkan. Biologi juga membantu kita untuk mengungkap keterampilan yang kita miliki dalam diri kita.
Selain itu biologi dapat juga dihadapkan dengan berbagai masalah kesehatan. Biologi akan membantu kita untuk memahami dasar-dasar penyebab suatu penyakit. Bagi sebagian orang biologi dianggap dapat memberikan suatu kegembiraan dalam arti yang sebenarnya. Hal tersebut dimungkinkan karena biologi dapat membantu kita untuk menemukan jawaban yang sering dirasa sulit  biologi dapat membuat semua hidup kita lebih berarti, lebih sehat dan lebih bermakna. Lepaskan ekspresi rasa ingin tahu yang alami itu secara bebas, berikanlah energy dan antusiasme diri kita untuk biologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar