Sabtu, 10 Desember 2016

TIP 9 CARA AGAR SUKSES DALAM WAWANCARA



Sebelum calon karyawan akhirnya diterima sebagai karyawan biasanya dilakukan tes wawancara di masing-masing perusahaan. Tahap wawancara ini pihak perusahaan akan mencari tahu potensi calon karyawan tersebut malalui cara berbicara, bersikap, berpakaian dan kecermatan dalam memberikan jawaban yang ditanyakan. Dapat dikatakan bahwa tahap wawancara adalah hal yang sangat menetukan diterima atau tidaknya calon karyawan tersebut terhadap jabatan yang dituju diluar prestasi yang sudah tertulis. Berikut ini ada 9 cara yang harus dipersiapkan agar sukses dalam wawancara antara lain:
1.     Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan  yang dituju
Sebelum mengikuti tahap wawancara  sebaiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang dituju. Hal ini bukan hanya untuk meyakinkan tentang kestabilan perusahaan akan tetapi menjadi bahan untuk menjawab pertanyaan pewawancara mengenai bidang kerja perusahan tersebut. Bisa mencari informasi melalui website atau brosur tentang perusahaan itu.   
2.    Datanglah sesuai waktu yang dijanjikan
Dalam wawancara datang sesuai tepat waktu yang sudah dijadwalkan. Jangan sampaidatang terlambat atau mengulur-ngulurkan waktu. Karena keterlambatan datang menunjukkan bahwa diri kita tidak bersikap profesional dan kurang berminat terhadap jabatan yang sudah ditawarkan.  
3.    Pakailah busana yang resmi
Meskipun kita melamar pekerjaan di perusahaan yang tidak bernuansa tidak resmi, misalnya production house atau café namun saat wawancara kita harus berpenampilan busana yang resmi layaknya wawancara kerja lainnya.
4.    Lakukan jabat tangan
Dalam wawancara harus dimulai dan diakhiri dengan jabat tangan. Jabat tangan adalah salah satu kesan pertama yang dinilai oleh pewawancara jabat tangan harus dilakukan dengan hangat, tidak basa-basi sebab jabat tangan yang basa-basi akan memberikan kesan tidak baik oleh pewawancara.
5.    Jaga kontak mata
Etika wawancara sedang berlangsung jangan kehilangan kontak mata dengan pewawancara bila banyak menunduk atau melihat sekeliling ruangan pada saat wawancara akan terlihat bosan dan tidak berminat pada pekerjaan yang ditawarkan.
6.    Bersikap sopan
Bersikaplah sopan, percaya diri, dan banyak tersenyum serta tunjukan isyarat lain jika tertarik dan cocok untuk jabatan tersebut.  
7.    Siapkan jawaban
Sebelum wawancara dimulaisiapkan jawaban untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan pada saat wawancara seperti:
Tolong ceritakan tentang diri anda berkaitan dengan pekerjaan yang kami tawarkan?
Mengapa anda tertarik dnegan posisi ini?
Apakah pengalaman anda sesuai pekerjaan yang kami tawarkan?
Apa yang akan anda lakukan untuk mengatasi masalah dalam situasi yang sulit?
Apa kelemahan anda yang paling parah?
Apakah anda dapat bekerja sama dalam sebuah tim?
8.    Tanyakan tahapan selanjutnya
Tanyakan tahapan dari proses rekruitmen selanjutnya jika wawancara sudah selesai hal ini untuk memberikan kesan pada pewawancara bahwa siap untuk menghadapi tahapan selanjutnya.
9.    Ucapkan terima kasih
Setelah wawancara selesai jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orang yang melakukan wawancara. Supaya memberikan kesan bahwa diri kita sopan dan sangat menghargai orang yang mewawancarai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar